by

Aplikasi Ponsel Bantu Ummat Islam AS Beribadah

WASHINGTON (iHalal.id) — Kegiatan Shalat Taraweh dengan penerapan protokol kesehatan atau PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) juga diberlakukan di Amerika Serikat. Pemda setempat menerapkan aturan wajib Pemeriksaan suhu, Menjaga jarak dan Memakai Masker bagi setiap jamaah ketika akan memasuki Mesjid.

Imam Masjid Ar-Rahmah Redmond, Washington Muhamad A. Joban, MA. (kiri) tengah diwawancara jurnalis seputar kegiatan Ramadhan 1442 H. yang menggunakan registrasi Aplikasi Smart Masjid beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. VoA).

Apalagi pada Bulan Suci Ramadhan 1442 H.kali ini, dimana antusias Ummat Islam Amerika meluap, setelah tahun lalu tidak bisa melaksanakan shalat berjamaah di Masjid akibat Pandemi Covid-19.

Untuk memudahkan pelaksanaan ibadah shalat berjamaah di Mesjid, kini Ummat Islam Amerika dibantu Aplikasi Smart Masjid. Aplikasi tadi membantu para jamaah dalam memastikan ketersediaan kapasitas Mesjid sesuai protokol kesehatan.

Seperti halnya di Mesjid Ar-Rahmah di Redmond Negara bagian Washington, para jamaahnya berlomba-lomba menggunakan Aplikasi Smart Mesjid untuk daftar shalat berjamaah di Mesjid besar itu.

“Karena jumlahnya banyak, di Mesjid saya (Mesjid Ar-Rahmah Redmond–red.) jadi harus pake register, jumlahnya sudah banyak, cepet penuh, sampai harus diadakan dua kali”, tutur Imam Muhamad Awod Joban, MA., kepada iHalal.id lewat pesan WA malam ini (27/04).

Dijelaskan, dengan Aplikasi Smart Masjid, pihak pengurus Masjid dapat memastikan jumlah jamaah yang solat berjamaah tidak melibihi kapasitas sesuai anjuran pemerintah.

“Sekarang dibolehkan untuk menggelar Shalat berjamaah, semalam bisa 200 jemaah yang antusias mengikuti shalat Teraweh, pokoknya siapa yang duluan daftar, mereka akan dapat tempat,” lanjut Imam kelahiran kota Purwakarta Jawa Barat itu.

Salah satu Aplikasi Smart Masjid, yang digunakan Jamaah Masjid Ar-Rahmah Redmond Washington. (Foto. Dok. VoA).

Selain Smart Masjid, Aplikasi lainnya yang membantu Ummat dalam menunaikan ibadah antara lain The Masjid. Namun hampir semua Aplikasi yang lahir saat Pandemi Covid-19 itu memberikan kemudahan bagi Ummat Islam dalam menunaikan shalat berjamaah di Masjid, dimanapun mereka berada, dengan kepastiaan akan mendapat tempat. (Gaf)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed