by

Ayo Ke Toba

BANDUNG (iHalal.id) — Subhananlloh, Danau Toba dengan segala keanekaragaman hayatinya memang sungguh menakjubkan bagi siapapun yang melihatnya, tak terkecuali bagi turis mancanegara. Tak heran, Kementerian Pariwisata memasukkan Danau Toba, yang terletak di Sumatera Utara itu kedalam destinasi wisata prioritas.

Maria Simorangkir, ikut memeriahkan  acara penutupan Sales Mission Direct Selling Danau Toba di Trans Studio Mall (TSM) Bandung, semalam (11/11). (foto: Dok.)

Hal itu terungkap dalam gelaran pameran wisata Sales Mission Direct Selling Danau Toba di Trans Studio Mall (TSM) Bandung. Acara yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata itu sejak 9 November, semalam (11/11) berakhir. Acara penutupan dimeriahkan oleh Maria Simorangkir, yang dikenal sebagai artis asal batak, jebolan Indonesia Idol.

Untuk menjaring kaum milenial, stakeholder pariwisata (Kementerian Pariwisata, Dinas Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Pelaku Pariwisata) membuat hastag #ayoketoba. Selain  Pameran, panitia juga menggelar seri dialog wisata bertemakan Toba. Pada hari terakhir misalnya, panitia menampilkan pengamat sekaliagus sineas Danau Toba Ita Sembiring. Ita mengatakan, strategi menggaet wisatawan harus segera dirubah, dari cari tradisional ke cara2 digital.

“kaum muda milenial akan lebih tertarik diajak berwisata yang kaya akan spot-spot foto yang instagramable”, ungkap Ita, seusai acara talk show kemarin (11/11). Selain itu, Ita juga meminta pemerintah terus meningkatkan akses (infrastruktur) menuju Danau Toba.

Sementara itu, Kepala bidang Pemasaran Area I (Sumatera) Kemenpar, Ida Fahmiwati mengakui masalah infrastruktur dari dan menuju Obyek Wisata Danau Toba masih terus diperbaharui.

“akses ke Danau Toba memang masih perlu ditingkatkan, meski itu bukan tanggungjawab kami, tapi kami akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya, seperti PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat–red.)”, ujar Ida disela acara penutupan semalam.

Seperti diberitakan, Kementerian Pariwisata telah menetapkan prioritas destinasi wisata, yakni top 3 prioritas yang dipersiapkan untuk mempercepat pengembangan Danau Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu dan Kota Tua DKI Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jatim, Mandalika Lombok, Labuan Bajo Komodo NTT, Wakatobi Sultra, dan Morotai Maluku Utara. (Sat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed