BANDARA PALU BEROPERASI 24 JAM UNTUK SAR, EMERGENCY DAN KEMANUSIAAN

PALU (iHalal.id) — Pernyataan Media, dari Manager Humas AirNav Indonesia yang diterima redaksi iHalal.id terkait musibah Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut:

1. Team teknik AirNav Indonesia yang diturunkan ke Palu dalam 2 hari telah berhasil memulihkan fasilitas navigasi (DVOR/DME) dan selanjutnya dilakukan ground test dengan mendatangkan alat uji PIR(portable ILS/DVOR receiver) dari Balikpapan dengan hasil akurat sesuai standard.

2. Tim Teknik juga menaikkan jangkauan (coverage) alat komunikasi ground to air (VHF) sampai diatas 40 NM dan memulihkan jaringan komunikasi untuk koordinasi antara Palu dan MATSC (AirNav Cabang Makassar).

3. Dengan hasil kerja tersebut, peralatan navigasi kembali beroperasi normal. Selain itu, lampu di rumway juga telah menyala, sehingga layanan navigasi penerbangan di Palu kembali menjadi IFR (Instrumen Flight Rules) dan bandara dapat dioperasikan hingga malam hari.

4. Sehingga, AirNav Indonesia menerbitkan NOTAM no H0913/18 mengenai jam operasional Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu. Jam operasional untuk penerbangan komersial adalah dari Pk 06.00 WITA – Pk 22.00 WITA. Sedangkan untuk penerbangan emergency, SAR dan kemanusiaan Bandara dibuka 24 jam.

5. Seluruh peralatan ini, kelistrikannya didukung oleh genset. Karenanya AirNav sangat membutuhkan kepastian pasokan bahan bakar untuk dapat terus melayani bandara Mutiara Palu 24 jam.

6. Kami juga menerima kabar kondisi aktual di bandara Palu langsung dari GM Airnav Makassar, Novy Pantaryanto yang langsung memimpin posko tanggap darurat AirNav Indonesia Palu. Beliau melaporkan secara umum pelayanan navigasi berjalan dengan baik:

a. Kapasitas bandara Palu ditetapkan sebanyak 9 slot penerbangan/jam dan dikelola langsung oleh unit ATFM (Air Traffic Flow Management) dan crisis center AirNav Makassar yang bekerja 24 jam. Pada kondisi tanggap darurat ini ada kesepakatan 4 slot di peruntukan untuk penerbangan militer, 4 untuk penerbangan sipil dan 1 safety margin.
b. Selain slot di atas, AirNav juga mengelola slot untuk penerbangan helicopter yang di parkir di areal rumput depan tower sebanyak 8 pesawat.
c. Pengaturan parkir pesawat sangat lancar dikarenakan Koordinasi sangat baik terutama didukung tim AMC UPBU Bandara dan perbantuan dari AP1 Bandara Hasanuddin.
d. Selain itu, terdapat pembatasan akses untuk mengamankan wilayah airside dari pengungsi dan orang-orang yang tidak berkepentingan. (Hum/Sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *