by

Beribadah Bukan Ingin Jadi Orang Kaya

Oleh : Idat Mustari*

Resep yang paling dicari oleh banyak orang adalah resep jadi orang kaya.  Siapa sih yang enggak mau jadi orang kaya? Punya uang banyak, harta berlimpah, beli apa saja mudah, keliling dunia pun bisa.

Namun miris, prihatin adalah ketika ada orang yang bergelar “ustad atau kiyai” memberikan resep jadi orang kaya melalui amalan ibadah. Bisa dengan sekian membaca ratus ribu zikir, sholat sekian jumlah rakaat, shadaqah dan atau  ibadah lainnya.

Boleh jadi ada orang berniat rajin shalat karena ingin jadi orang kaya. Membaca shalawat dan zikir biar harta berlimpah. Bershadaqah agar dapat balasan atau pengembalian  uang  berkali lipat. Ikut aliran tarekat biar cepat jadi orang kaya. Kemudian merasa sudah  rajin shalat tidak juga jadi orang kaya lantas mensalahkan shalat. Sudah merasa rajin shadaqah, tidak juga jadi orang kaya lantas mensalahkan amalan shadaqah bahkan melaporkan ustad ke polisi dan sang ustad pun jadi tersangka.

Pulang haji tidak juga jadi lebih kaya malahan bankrut lantas menyesal sudah pergi haji karena besarnya uang yang dikeluarkan untuk ongkos haji.

Dalam pemahaman saya ibadah yang kita lakukan, berzikir, shalat, bershadaqah, puasa, haji semuanya hanya ditujukan karena Allah. Hanya karena ingin lebih dekat dengan Allah, dan kelak bisa berjumpa dengan Allah, bukan ingin jadi orang kaya. Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani “Hendaklah engkau menjadikan seluruh amalmu hanya kerana Allah Azza wa Jalla dan tidak mengharap nikmat-Nya.”

Tentu bukan berarti seorang muslim tidak boleh jadi orang kaya, sebab Islam tidak pernah mengharamkan seorang muslim jadi orang kaya, pun tidak mewajibkan seorang muslim jadi orang miskin. Tapi jadi salah jika bershadaqah, berpuasa, shalat atau haji karena igin jadi orang kaya.

Beribadahlah Bukan Ingin Jadi Orang Kaya  tapi karena Allah. Semoga Allah selalu membingbing kita semua.
Wallahul Muwaffiq ila Aqwamit Tharieq

* Pemerhati Agama & Sosial, Advokat, tinggal di Bandung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed