by

Isra’ Mi’raj

Isra’ Mi’raj

oleh: Imam Shamsi Ali*

Isra’ dan mi’raj itu adalah sebuah peristiwa sejarah penting, bahkan menentukan kemenangan langkah selanjutnya dalam perjuangan baginda Rasulullah SAW. Sebuah peristiwa yang menggambarkan “kebangkitan” setelah terjadi stagnasi dalam perjalanan juang itu.

Isra’ berarti perjalanan di malam hari. Yang sekaligus bermakna bahwa perjuangan itu adalah perjalanan abadi, tiada henti dalam keadaan malam senyap sekalipun.

Perjalanan menggambarkan pergerakan yang berkesinambungan. Bahwa perjuangan itu mengharuskan pergerakan tiada henti. Pergerakan (harakah/movement) itu sendiri menjadi urat nadi perjuangan.

Malam menggambarkan kesunyian dalam kegelapan. Bahwa perjuangan itu bergerak bahkan dalam kesunyian, jauh dari hiruk pikuk, menembus kegelapan rintangannya.

Mi’raj itu adalah perjalanan ke atas (sidratul muntaha). Bahwa pada akhirnya pergerakan dalam juang itu, walaupun senyap dalam keheningan malam, akan menaiki ketinggian langit.

Langkah juang itu mutlak terbangun di atas keyakinan penuh bahwa pada akhirnya akan menemukan jalannya menuju ke atas. Menuju kepada yang tertinggi dari segala ketinggian.

Karenanya yakini jika langkah-langkah perjuangan itu tidak pernah terhenti. Dan pada akhirnya akan menuju ke atas ketinggian “ridho” Ilahi. Menemukan ketinggian dari segala ketinggian….(bersambung)

Tunggu artikel lengkapnya! (Shamsi Ali)

* Presiden Nusantara Foundation & Direktur Jamaica Muslim Center, NY – USA

———————-

Ajakan Beramal Shodaqoh…

Bapak/Ibu/Saudara-Saudariku, kita masih terus berupaya meneruskan proyek pembangunan pondok pesantren Nusantara Madani di Amerika Serikat. Tentu tanpa kuasa Allah dan partisipasi semuanya pembangunan pondok ini tidak akan jalan. Karenanya Saya mengajak semuanya untuk mengambil bahagian, membangun peradaban alternatif dunia lewat Amerika. Siapa tahu sebuah batu bata itu menjadi “saksi” kesalehan dan bukti perjuangan kita dalam membangun peradaban itu.
Bisa dilakukan melalui transfer melalui:
Bank Mandiri
Rek rupiah : 1240000018185
An. inka nusantara madani
Atau juga melalui aplikasi “Go E Pay” seperti di atas.
Wa jazakumullah khaer. (Dok. Nusantara Faoundations)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed