by

Kecerdasan Istri

Oleh : Idat Mustari*

Dibalik kesukhsesan seorang laki-laki (suami) karena dukungan dari perempuan yang menjadi istrinya. Sebaliknya, tidak sedikit juga laki-laki yang jatuh dan hancur karena perempuan yang dinikahinya. Seperti kata pepatah,” Di balik pria hebat,selalu ada perempuan hebat.”

Peran seorang istri sangatlah besar dalam menunjang kemajuan karir seorang suami. Tidaklah mungkin karir seorang suami bisa melesat jika tidak memperoleh dukungan dari istrinya.

Banyak suami yang sukses dalam bekerja bukan karena kecerdasan otaknya, kepandaian berstrategi mengatasi masalahnya, melainkan ada seorang wanita yang mencintainya yang selalu mendukung usai melakukan pekerjaannya.

Dalam terminologi Islam seorang istri yang hebat itu adalah seorang wanita yang sholihah. Dalam sebuah hadis Rasulullah saw bersabda,” “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah isteri yang shalihah.” (HR Muslim).

Seorang istri yang solehah itu adalah seorang wanita yang mampu membuat suaminya tenang dalam berkarir, sekaligus tempat berkeluh kesah bagi suaminya ketika menghadapi rintangan, dan terjalnya pendakian dalam menggapai puncak karirnya.

Seorang Istri yang solehah adalah yang memiliki kesabaran. Tanpa kesabaran yang ada dalam seorang istri maka sulit rasanya seorang suami mampu mendaki ke puncak karir. Kesabaran seorang istri diwujudkan dalam sikap yang penuh pengertian karena boleh jadi sedikit waktu dari suaminya.

Bukan saja sifat,prilaku yang baik tetapi juga yang tak boleh dilupakan bagi seorang istri adalah berdoa untuk suaminya. Doa-doa yang dipanjatkan dengan kekhusuan, ketulusan dari seorang istri untuk suaminya sangatlah mustajab.

Seorang istri yang solehah tentu bukan saja memiliki kemampuan membentengi dirinya dan menjaga fisiknya agar bersih badannya, harum tubuhnya, tetapi juga harus memiliki kecerdasan. Ada kisah berikut yang menunjukan kecerdasan seorang istri.

Suami: “Neng, ini akang ada uang lima puluh ribu (50.000) dicukupin ya buat seminggu, syukur-syukur bisa buat sebulan.”
Istri: “Iya kang, buat setahun juga bisa.”

Suami: “Duuuh akang beruntung banget ya punya istri neng, udah baik, cantik, hemat lagi! Dibelikan apa tuh neng, uang lima puluh ribu (50.000) bisa buat setahun?”
Istri:“KAAALEEENDDDEER kaang…”

*Pemerhari Sosial, Agama dan Advokat

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed