by

Kian Banyak Tantangan, Kebijakan Sektor Transportasi perlu Direformasi

JAKARTA (iHalal.id) — Ketua Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan I Gede Pasek Suardika mengingatkan pentingnya reformasi kebijakan di sektor transportasi.

Hal tersebut merupakan arahan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengatakan moda transportasi Indonesia saat ini menghadapi tantangan, tidak hanya pada pembangunan infrastruktur, tetapi juga pemenuhan akses dan keterjangkauan transportasi antar daerah.

“Untuk itu diperlukan kebijakan strategi yang tepat untuk mengatasi tantangan tersebut. Kajian dan analisis kebijakan yang mendalam dalam kondisi faktual saat ini terus perlu dilakukan Baketrans dalam rangka menjawab dinamika transportasi,” ujarnya dalam rapat kerja nasional (Rakernas) perdana Bakertrans, di Hotel Meryln Park, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Dalam rakernas yang mengusung tema “Reformasi Kebijakan Sektor Transportasi Nasional Melalui Badan Kebijakan Transportasi”, Gede menegaskan untuk mereformasi kebijakan pihaknya harus menjadi katalisator.

“Rakernas ini menjadi momentun untuk menyamakan persepsi mengenai arah kebijakan transportasi dalam rangka menciptakan transportasi yang semakin baik,” imbuhnya.

Sekretaris Badan Kebijakan Transportasi, Pandu Yunianto menyebutksn, penyelengaraan Raker ini menjadi salah satu wahana untuk saling bertukar pikiran dalam penyelenggaraan kegiatan perumusan rekomendasi kebijakan sektor transportasi di pemerintahan yang efektif dan efisien, sekaligus sebagai bentuk sosialisasi serta penguatan peran dan positioning Badan Kebijakan Transportasi.

“Dengan adanya Raker ini kami berharap dapat membangun Proses Bisnis Badan Kebijakan Transportasi dalam membangun sistem kerja solid atau aturan main bagaimana proses perumusan kebijakan hingga tindak lanjutnya dapat di-deliver dengan baik kepada mitra kerja, dimana hal ini tentu diperlukan konsolidasi internal dan mempersiapkan perjalanan Baketrans ke depannya,” ujar Pandu Yunianto.

Dia juga menyampaikan bahwa dalam proses transformasi Badan Kebijakan Transportasi ini tidak terlepas dari dukungan Tim Pakar Kebijakan Transportasi yang terdiri dari para tenaga ahli dengan kahlian teknis transportasi, hukum dan kebijakan publik, yang telah memberikan masukan dan inovasi melalui kedalaman ilmunya.

Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan, Herry Harmawan dan Deputi Bidang Kajian Kebijakan Dan Inovasi Administrasi Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Tri Widodo. (Sat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.