by

KJRI Jeddah Gelar Upacara Peringatan HUT ke-75 RI Dengan Protokol Kesehatan Ketat

JEDDAH (iHalal.id) — Ada yang berbeda dalam perayaan HUT RI ke-75 di Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah. Pada tahun-tahun sebelumnya, upacara diikuti oleh banyak peserta dari unsur keluarga besar KJRI Jeddah, para guru dan perwakilan siswa Sekolah Indonesia Jeddah dan Mekkah, serta perwakilan dari unsur masyarakat.

Tahun ini, peringatan HUT RI ke 75 berlangsung di tengah Pandemi COVID-19. Sesuai edaran dari pemerintah pusat terkait upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI tahun ini, agar tata cara pelaksanaannya lebih disederhanakan, tidak melibatkan banyak peserta, dan mematuhi protokol kesehatan.

Tak hanya jumlah peserta yang dikurangi, jumlah Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari siswa-siswa Sekolah Indonesia Jeddah juga dipangkas menjadi tiga orang saja. Hal ini sesuai dengan aturan pencegahan Covid-19 dari Pemerintah Saudi yang melarang adanya perkumpulan atau kerumunan massa yang lebih dari 50 orang.

Meski jumlah peserta sangat terbatas, KJRI Jeddah tetap mengirimkan undangan khusus kepada para tokoh masyarakat dan undangan umum kepada masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Jeddah untuk mengikuti upacara dari tempat masing-masing yang disiarkan secara live melalui media sosial KJRI.

Saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan, masyarakat diminta agar menghentikan segala kegiatannya sejenak dan berdiri dengan sikap tegak sambil mengikuti lantunan lagu kebangsaan Indonesia. Demikian juga pada saat peringatan detik-detik Proklamasi HUT ke 75 Kemerdekaan RI dan momen mengheningkan cipta.

Upacara yang diselenggarakan di halaman Balai Nusantara Wisma Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah dimulai pada pukul 6:00 waktu setempat. Upacara hanya diikuti oleh para homestaff, perwakilan pegawai setempat KJRI Jeddah, perwakilan guru dan siswa sekolah.

Konjen RI Jeddah, Eko Hartono, bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan HUT ke-75 RI, sedangkan Ahmad Zaeni bertindak sebagai pemimpin upacara.

Meskipun tidak sesemarak tahun-tahun sebelumnya, semangat menyambut Hari Kemerdekaan ke-75 RI tetap dihidupkan dilingkungan KJRI Jeddah dengan menggelar aneka lomba yang menyesuaikan dengan protokol pencegahan Covid-19, seperti lomba masak nasi goreng, turnamen tenis meja single pria dan wanita dan lomba sepeda tangkas.

“Di tengah situasi yang memprihatinkan ini, kita tetap bersemangat untuk merayakan hari kemerdekaan ini,” ucap Konjen Eko Hartono di hadapan para peserta usai upacara.

Selama perjalanan Bangsa Indonesia selama 75 tahun, lanjut Konjen Eko Hartono, apa saja yang telah dicapai dan apa saja yang masih harus diperjuangkan untuk dicapai. Apa kelemahan kita, agar bisa kita perbaiki sehingga bisa berbuat lebih banyak buat bangsa dan negara.

Konjen Eko Hartono mengingatkan, sesuai dengan garis kebijakan pemerintah pusat, bahwa perwakilan RI dan seluruh komponen bangsa wajib mendukung upaya pemulihan ekonomi.

“Mari kita mendorong masuknya komoditas kita ke Pasar Saudi,” pesan Konjen di sela acara Tasyakkuran HUT ke-75 RI di Balai Nusantara.

Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2020 diakhiri dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba dan penghargaan kepada karyawan teladan serta anggota Paskibra dan pembimbingnya. (fauzy chusny)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed