by

LANGUAGE PARADE Ala SMP Alcent Bandung

BANDUNG (iHalal.id) — Tepat pada hari pertama memasuki semester genap tahun ajaran 2018-2019, seluruh siswa SMP Alfa Centauri mengikuti kegiatan “Language Parade” yang diselenggarakan oleh seluruh guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Sunda SMP Alfa Centauri, Bandung. Kegiatan ini sesuai namanya, menjadi kegiatan yang bertujuan untuk memberikan peluang kepada siswa kelas 7, 8, dan 9 untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam berbahasa sesuai dengan bakat dan minatnya.

Language Parade diisi dengan berbagai lomba yang seluruhnya berbasis tiga bahasa tersebut, antara lain lomba mendongeng, singing contest, menulis aksara sunda. Seluruh siswa mengikuti kegiatan ini dengan suka cita karena memahami betapa pentingnya penggunaan bahasa-bahasa tersebut dalam pergaulan sehari-hari. Selain untuk mengembangkan kemampuan dalam berbahasa, kegiatan “Language Parade “ ini juga diselenggarakan untuk meningkatkan intelektualitas, emosional dan sosial siswa melalui penggunaan bahasa yang sesuai.

Sebagai contoh, beberapa decade kebelakang sebagian besar masyarakat Kota Bandung menjadikan bahasa sunda sebagai bahasa daerah sekaligus bahasa ibu, yang memegang peranan penting sebagai cirri khas, identitas dan media komunikasi yang efektif. Aksara sunda juga menjadi aksara yang banyak digunakan secara masal. Namun saat ini, kita bisa lihat sendiri bagaimana penggunaan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar dalam komunikasi dan pergaulan yang semakin ditinggalkan. Banyak anak muda yang semakin enggan menggunakan bahasa sunda dan cenderung memilih bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantat sehari-hari. Walhasil, bahasa sunda menjadi salah satu bahasa daerah yang terancam punah.

Dilain pihak, kita juga sangat perlu menguasai bahasa inggris, sebagai bekal untuk menghadapi tantangan global serta perkembangan dunia industri, masuknya pasar dunia yang seluruhnya memerlukan bahasa inggris sebagai pengantar dalam komunikasi. Sedangkan penggunaan Bahasa Indonesia juga tidak kalah penting karena merupakan bahasa persatuan, bahasa identitas bangsa yang mampu menyatukan beragam keragaman agama, ras, adat dan budaya yang ada di Indonesia.

Mengingat hal tersebut, SMP Alfa Centauri berusaha untuk terus mendorong berbagai kegiatan yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa-bahasa tersebut, dan membantu siswa mengenal dirinya, budayanya dan budaya orang lain, serta mampu mengemukakan gagasan, perasaan, partisipasi dalam masyarakat serta meningkatkan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Language Parade ini. (Maryam Nur Azizah Rahmah, S.Pd — Kontributor Bandung/ Staf Humas SMP ALFA CENTAURI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.