by

Laundry Pesantren dari Bogor untuk Dunia

BOGOR (iHalal.id) — Usaha Laundry (binatu—red) kini bak jamur dimusim hujan. Bisnis jasa yang satu ini bahkan tumbuh subur dari level rumahan (UMKM) hingga perusahaan raksasa dengan model franchise (waralaba). Bahkan keberadaan bisnis cucian asal Amerika ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat pada umumnya.

Para Pendiri PT. Fatih Utama Detindo, dari kiri-kanan, Direktur Keuangan Wan Yoga Apriarman, Direktur Utama Adit Sagitra dan Komisaris Kholid Hidayat. (foto Dok.)

Seiring meningkatnya persaingan, bisnis laundry masuk ke berbagai sektor kehidupan, termasuk dunia pendidikan, seperti Asrama dan Pesantren. Adalah Kholid Hidayat melalui CV Sarirose Abadi Sejahtera pada tahun 2016 mendirikan Laundry Pesantren yang memfokuskan pada pengembangan ekonomi pesantren.

Hingga saat ini, Laundry Pesantren telah bermitra dengan lebih 100 pesantren, boarding school dan lembaga asrama lainnya yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Provinsi Banten, Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Menurut Kholid, Pesantren harus berdaya dan mandiri.

“kami ingin Laundry Pesantren menjadi solusi bagi pemberdayaan umat, mengembangkan potensi ekonomi sehingga bisa swadaya dalam perjalanannya,” ujar peraih Top 10 Indonesia Best Practice Laundry Awards 2018 kepada iHalal.id beberapa waktu lalu di Bogor.

Berdasarkan data Kementerian Agama RI jumlah pondok pesantren tercatat ada 27.722 dengan jumlah santri mencapai 4.175.531 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, sekitar 80% diantaranya berada di Jawa-sumatera.

Spanduk Kebijakan Halal PT. Fatih Utama Detindo disosialisasikan di area Outlet Laundry (foto: Dok. iHalal)

Untuk memperkuat jaringan, Kholid bersama dua partner bisnis lainnya mendrikan PT. Fatih Utama Detindo, yang bergerak dalam penyediaan bahan deterjen, parfum dan pewangi pakaian dengan merek TrenWash Deterjen. Mereka adalah Adit Sagitra menjabat sebagai Direktur Utama, Wan Yoga Apriarman sebagai Direktur Keuangan sementara Kholid Hidayat sendiri menjabat sebagai Komisaris. Saat ini PT. Fatih Utama Detindo sedang mengurus Sertifikat Halal BPJPH melalui Aplikasi iHalal. (Gaf)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed