MAKSIMALKAN PELAYANAN, DITJEN HUBUD KEBUT BENAHI FASILITAS BANDARA PALU

JAKARTA (iHalal.id) — Guna memaksimalkan pelayanan kepada penumpang dari dan menuju Palu, serta mengakomodir para relawan yang datang ke Palu serta memberikan akses bagi pendistribusian bantuan kemanusiaan, Ditjen Hubud kebut pembenahan dan perbaikan terhadap kerusakan-kerusakan di Bandara SIS Al-Jufri.

Musibah gempa bumi dan tsunami yang melanda wilayah Sulawesi Tengah pada akhir September lalu, meninggalkan trauma dan pekerjaan rumah bagi kita semua. Musibah tersebut telah menelan banyak korban jiwa dan berdampak pada fasilitas umum termasuk Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri Palu.

Dalam rangka perbaikan guna memaksimalkan pelayanan transportasi udara kepada masyarakat yang ingin keluar dari wilayah Palu dan sekitarnya, mengakomodasi para relawan yang datang ke Palu serta memberikan akses yang cepat untuk bantuan kemanusiaan, Ditjen Hubud Kemenhub segera mengambil langkah tanggap darurat. Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno, setelah beberapa hari yang lalu memimpin langsung upaya perbaikan terhadap kerusakan di Bandara tersebut.

“Pembenahan dan perbaikan sedang dilakukan. Pembersihan gedung terminal dan pengecekkan struktur telah dilakukan dan sedang mempersiapkan penguatan struktur serta perbaikan lainnya sehingga lantai 1 dapat dipergunakan sementara. Insyaallah hari minggu bisa beroperasi optimal”, jelas Pramintohadi.

Selain perbaikan gedung terminal, saat ini juga tengah dilakukan perbaikan runway yang mengalami keretakan yaitu runway 15. Perbaikan di runway 15 terus dilakukan dan ditargetkan pada 11 Oktober dapat difungsikan menjadi sepanjang 2250 x 45 m.

“Pekerjaan cor lean concrete runway 15 mulai hari ini dilakukan, mudah-mudahan pada 11 atau 12 Oktober runway 15 telah dapat digunakan sepanjang 2250x45m agar dapat didarati oleh pesawat yang lebih besar”, imbuh Pramintohadi.

Berdasarkan data dari Bandara Palu, pada 4 Oktober kemarin telah ada 8 flight yang beroperasi dengan rute Makassar-Palu-Makassar dan Balikpapan-Palu-Balikpapan dan telah mengangkut penumpang sebanyak 1.096 orang penumpang yang terdiri dari penumpang naik sebanyak 543 orang dan penumpang turun sebanyak 553 orang. Penerbangan dari dan ke Palu dilayani oleh 3 Maskapai yaitu Garuda Indonesia, Wings Air dan Nam Air yang rata-rata mengangkut penumpang 60-72 orang. Sementara, untuk cargo BNPB diangkut dengan pesawat My Indo Airlines.

“Kemarin, pergerakan penumpang dari dan ke Palu yang diangkut dengan pesawat udara mencapai 1.096 orang sedangkan cargo total bantuan BNPB yang diangkut dengan My Indo Airlines telah mencapai 75 ton”, imbuh Pramintohadi.

Layanan Navigasi penerbanganpun telah banyak mengalami kemajuan dan telah beroperasi dengan normal. Jumlah traffic yang dilayani secara keseluruhan pada 5 Oktober 2018 sampai dengan pukul 07.45 UTC (15.45 WITA) sebanyak 79 movement yang terdiri dari 41 kedatangan dan 38 keberangkatan. Kondisi fasilitaspun secara keseluruhan telah berangsur normal hanya tinggal PAPI Runway 33 masih dalam keadaan unserviceble dan parking stand pesawat terbatas.

“Jumlah personil ATS/Air Traffic Service yang bertugas berjumlah 14 personil (aktif melaksanakan pemanduan di Tower Darurat sebanyak 12 personil ATC/Air Traffic Controller) sedangkan 2 personil lagi adalah personil ACO (personil komunikasi penerbangan)”, jelas Pramintohadi.

Sedangkan untuk personel yang menangani keamanan penerbangan saat ini terdapat 27 orang Avsec dan 17 orang personel PKP-PK. Untuk kegiatan PKP-PK saat ini tersedia 2 unit Kendaraan Utama, 2 unit Kendaraan Ambulance, 1 unit Kendaraan Serba Guna dan 1 unit Kendaraan Commando Car, dengan tingkat layanan kategori 7.

“Untuk mendukung operasional di Bandara Palu, saat ini dibantu personel dari bandara terdekat serta Angkasa Pura 1 dan Angkasa Pura 2”, tutup Pramintohadi.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut, Kementerian Perhubungan sudah membuka Posko Siaga Kementerian Perhubungan Lt. 4 Gedung Karsa di nomor telepon (021) 3456614, (021) 3451364, 0813-8525-3006 dan Posko Siaga Kantor Otoritas Bandara Wilayah V Makassar di nomor 0852-9828-6512. (Sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *