by

Media Center Indonesia Fasilitasi Peliputan MotoGP Mandalika

JAKARTA (iHalal.id) — Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto meninjau langsung persiapan Media Center Indonesia (MCI) pada gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 yang berlokasi di sekitar area sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hadi yakin pembangunan MCI ini bisa rampung tepat waktu sebelum penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 pada 18-20 Maret 2022. “Pembangunan MCI tidak ada kendala dan berjalan dengan baik,” kata Hadi Tjahjanto, Senin (14/3/2022).

Berdiri di atas lahan seluas 500 meter persegi, MCI akan menjadi fasilitas pendukung bagi para jurnalis peliput MotoGP Mandalika 2022.

Sementara itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Septriana Tangkary menegaskan bahwa Kominfo mendukung penuh penyelenggaraan MotoGP 2022, salah satunya adalah menyediakan fasilitas Media Center Indonesia.

Septriana menyatakan, sebelumnya MCI telah beroperasi dalam pelaksanaan tes resmi pramusim MotoGP Mandalika 2022 pada 11-13 Februari 2022. MCI pun kembali beroperasi di gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022 mendatang mulai pukul 08.00-17.00 WITA.

“Fasilitas yang tersedia di MCI adalah ruang press conference, ruang kerja dengan 20 unit laptop, area relaksasi dengan kursi refleksi, mesin pencetak (printer), dan wifi/koneksi internet,” terang Septriana.

Selain itu, kata Septriana, ruangan MCI juga dilengkapi enam belas mesin pendingin ruangan.
Ia juga berharap melalui Media Center Indonesia ini bisa dihasilkan narasi-narasi positif dari kegiatan Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022.

Total jumlah media nasional dan daerah yang terdaftar untuk peliputan di MCI sampai 14 Maret 2022 mencapai 184 media.

Transportasi Bus

Menyangkut transportasi di sekitar Mandalika, pemerintah setempat telah menyediakan angkutan bus umum dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok ke sejumlah tujuan di Pulau Lombok.

Adapun, jumlah penumpang bus Damri di Bandara BIZAM Lombok meningkat hingga 30 persen jelang gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.

Dikatakan Gusti, pengemudi bus Damri, selain menjelang gelaran MotoGP Mandalika, peningkatan penumpang juga mulai terlihat sejak aturan wajib tes PCR dan Antigen untuk pelaku perjalanan dalam negri dihapus berapa hari lalu.

“Penumpang meningkat sekitar 20-30 persen sejak beberapa hari lalu. Mereka rata-rata dari Bandara menuju ke Mataram,” kata Gusti kepada InfoPublik.

Gusti menjelaskan rute bus Damri yang tersedia di antaranya, Bandara-Terminal Bus Mandalika Mataram, Bandara- Lombok Epicentrum Mal, Bandara-Senggigi dan Bandara- Bangsal.

Di samping itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mendukung pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 telah menyiapkan enam rute bus ulak alik (shuttle bus) gratis dari Sirkuit Mandalika ke sejumlah tujuan.

Keenam rute bus gratis itu yakni Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Bangsal, Sirkuit Mandalika-Pusat Kota Mataram, Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Lembar, Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Gilimas, Sirkuit Mandalika-Bandara Bizam, dan Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Kahyangan. (Sat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed