by

Para Imam AS Gelar Pertemuan dengan Rabhitah Alam Islami Bahas Piagam Mekah

WASHINGTON DC (iHalal.id) — Para Imam AS (Amerika Serikat) dari berbagai Negara bagian menggelar pertemuan penting dengan Organisasi Islam Dunia Rabhitah Alam Islami, beberapa waktu lalu di Washington DC  Amerika Serikat. Mereka membahas Makkah Charter atau Piagam Mekah, sebuah role model kehidupan bernegara yang diambil dari ruh Madinah Charter (Piagam Madinah—red.) yg telah berhasil menyatukan antara umat beragama dimasa lalu.

Para Imam AS Gelar Pertemuan dengan Rabhitah Alam Islami membahas Piagam Mekah, beberapa waktu lalu di Washington DC. Pertemuan ini intinya menginisiasi bagaimana menghlangkan kebencian diantara sesama umat manusia. (Foto: Dok. Muhamad A. Joban, MA.)

Pertemuan ini intinya menginisiasi bagaimana menghlangkan kebencian diantara sesama umat manusia, Dan ini harus dimulai dari keluarga, dimana orang tua bisa mengajarkan nilai nilai kebaikan dan toleransi pada anak anak sesuai ajaran dan.tuntunan Rasulullah sebagai suri tauladan umat.

Makkah Charter ini telah ditandatangani oleh 1200 mufti dan ulama dan telah dipelajari oleh sekitar 4.500 pemikir dan cendikawan sedunia. Oleh karena itu, setiap pertemuan yang membahas Makkah Charter tersebut merupakan pertemuan besar dalam sejarah. Makkah Charter yang ditandatangani tahun 2019 di Mekah itu merupakan risalah dari para ulama dan pemikir muslim sedunia. Piagam ini juga mencerminkan  pernyataan dari ummat Islam dunia yang mendambakan hidup damai dan harmonis sesama muslim dan non muslim.

Oleh karena itu, dalam pertemuan kali ini, Presiden Rabhitah Alam Islami Dr. Sh. Isam Muhamad menegaskan perlu adanya aksi nyata, bukan sekedar gagasan.

“Sudah banyak sekali keputusan keputusan muktamar dan conferences  namun tidak ada implementasinya”, tegas Sh. Isam kepada para peserta dialog, seperti yang dilaporkan Imam Masjid Ar-Rahmah Redmon, Seattle Amerika Serikat Muhamad A. Joban*, melalui pesan WA kemarin (28/10).

Seusai pertemuan, pihak panitia berjanji, akan segera mengimplementasikan hasil Dialog Makkah Charter kali ini. (M. Joban)

*Muhamad A. Jobab, MA. Imam Masjid Ar-Rahmah Redmon Seattle Amerika Serikat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed