by

PELNI Kembali Siapkan Kapal Angkut Bantuan Kemanusiaan Jakarta-Palu

JAKARTA (iHalal.id) —  PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – PELNI  kembali mendapat penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk menyelenggarakan angkutan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Warga DKI Jakarta, Bodetabek  dan sekitarnya dapat memanfaatkan KM. Camara Nusantara 1, kapal angkutan gratis ini untuk mengirimkan bantuan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Rabu (10/10), kapal akan berangkat pukul 10.00.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero) Ridwan Mandaliko mengatakan PELNI mengoperasikan  9 kapal tujuan Palu dari 7 titik pelabuhan pengiriman, meliputi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Tanjung Perak, Surabaya. Soekarno Hatta, Makasar. Pelabuhan  Nusantara Pare-pare, Semayang, Balikpapan, Bitung, Biak dan Nunukan. Sedangkan 9 kapal yang disiapkan meliputi KM. Dobonsolo, Ciremai, KM. Lambelu, Labobar, Binaiya, Egon dan 1 kapal Tol Laut KM. Lognus 1, Camara Nusantara 3 dan Camara Nusantara 1.

Sebelumnya kapal pengangkut bantaun kemanusiaan dari Jakarta telah berangkat dari Pelabuhan  Tanjung Priok langsung ke Palu telah dilayani 1 kapal dan sudah berangkat Kamis (4/10) pukul 16.00. “KM Camara Nusantara 3 yang  dioperasikan PT. PELNI ini mengangkut total 70 (tujuh puluh) truk bantuan kemanusiaan, baik dari Kementerian Perhubungan, BUMN, perkumpulan,  serta seluruh stakeholders terkait di lingkungan Ibu kota dan sekitarnya. Total muatan yang diangkut kurang lebih 230 ton,” jelas Ridwan.

Bantuan tersebut diserahkan jajaran Kemenhub  kepada Nakhoda KM. Camara Nusantara 3, Capt. Roberto Matualage dengan disaksikan oleh Kepala Cabang PT. Pelni Tanjung Priok, Masrul Khalimi. Turut juga menyerahkan bantuan secara simbolis antara lain Kepala Otoritas Tanjung Priok Capt. Hermanta, Plt. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Hubla Capt. Wisnu Handoko.

Sebagai informasi, KM. Camara Nusantara 3 dan Camara Nusantara 1 adalah Kapal Khusus Angkutan Ternak serba guna yang dilayani oleh PELNI. Kapal ini memiliki kapasitas angkut ternak 500 ekor dan kapasitas ruang muat 150 ton. KM Camara Nusantara 3 dan Camara Nusantara 1  sendiri memiliki pelabuhan pangkal di Kupang dan melayani trayek dari Kupang – Tanjung Priok – Cirebon – Kupang – Cirebon – Bengkulu – Cirebon – Kupang.

Sementara dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya Jumat (5/10) akan diberangkatkan KM. Logistik Nusantara (Lognus) 1 dengan tujuan  Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah. KM. Lognus 1 merupakan kapal Tol Laut, untuk tanggap darurat, KM. Lognus 1 ikut berperan  mengangkut lebih dari 17 kontainer bantuan dari Polda Jatim, beberapa BUMN dan warga Surabaya dan sekitarnya.

Ridwan melanjutkan penyediaan angkutan bantuan kemanusiaan  ini sebagai wujud “BUMN Hadir Untuk Negeri” dan kepedulian PELNI sebagai BUMN transportasi laut yang dapat mengantarkan bantuan kemanusiaan dalam kondisi darurat. Hal ini sesuai penugasan  dari Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan.

Untuk pengiriman bantuan kemanusiaan dapat mengirim surat ditujukan kepada Direktur Usaha Angkutan Penumpang melalui email : humas@pelni.co.id.  Pelni162, juga melalui Kacab Tanjung Priok, Balikpapan,  Makasar, Pare-pare dan Kacab Surabaya.

Untuk mempermudah komunikasi pengiriman bantuan dapat menghubungi kontak person sbb:

Cabang Tanjung Priok dengan Saeful 0812 8020 5737.
Cabang Surabaya dengan Martin 0813 3200 3971.
Cabang Makasar dengan  Oscar HP 0813 4424 2587.
Cabang Pare-pare dengan Joni 0852 1919 4431.
Cabang Bitung dengan Sudarji 0852 0541 0009.
Cabang  Balikpapan dengan  Ibrahim 0852 4045 4186.
Cabang Pantoloan dengan Rusli 0813 4804 5876

(Sat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed