by

Pengalaman Berpuasa di Wina Austria

VIENNA (iHalal.id) — Puasa di Bulan Suci Ramadhan bagi seseorang kadang dirasa memberatkan, apalagi dalam keadaan safar (berpergian—red.). Oleh karena itu, Allah Swt dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah memberikan ruhsoh (keringanan—red.) Untuk tidak berpuasa, dengan konsekuensi menggantinya di hari lain, setelah Ramadhan.

Citizen Journalist iHalal.id, Herry Prasetijo Witjaksono, menyempatkan diri mengunjungi Islamic Center Wina, disela kunjungan kerja ke Pabrik SIEMENS GmbH Vienna baru-baru ini. (Foto: Dok pribadi).

Bagi Herry Prasetijo Witjaksono, kerja sekaligus berpuasa tidak menjadi halangan, meski itu dijalani di Negeri Austria dengan suhu 1° bahkan minus.

Pria yang lahir di kota Yogyakarta 1975 itu mengaku senang bisa bekerja sambil berpuasa, apalagi di negeri asing.

“Saya bawa enjoy aja Mas, ketika harus berpuasa selama 16.5 jam di sini (kota Graz, Wina—red.), karena daratan Eropa umumnya masih musim dingin sehingga puasanya lebih lama daripada di tanah air,” tutur Pria yang bekerja di PT. TJB Power Services (Subsidiary Medco Power Indonesia) kepada iHalal.id melalui pesan WA semalam (15/04).

Herry mengaku meski suasana Ramadan di Negeri dimana komponis dunia seperti Mozart hingga Beethoven pernah tinggal tidak semeriah suasana Ramadan di Indonesia, namun semangat Kaum Muslimin di Negeri ini begitu menggelora menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 1443 H.

“Alhamdulillah, saya berkesempatan berbuka puasa di Islamic center Wina dengan roti, pisang dan yoghurt, sehingga bisa berbagi pengalaman dengan komunitas muslim disana,” tambahnya.

Meski di Austria Islam minoritas, menurut Herry, warga negeri yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa sehari-harinya ini cukup ramah terhadap Kaum Muslimin.

Di Wina ada komunitas Muslim Indonesia yang bernama Wapena (Warga Pengajian Austria) yang menyelenggarakan kegiatan Ramadan seperti melakukan kajian agama, berbuka puasa bersama setiap akhir pekan hingga tarawih. (Herry P.W/Gaf)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed