by

Perkuat Potensi Ekonomi Syariah dalam Negeri, Blibli Dukung Ekosistem Muslim Friendly

JAKARTA (iHalal.id) — Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak potensi dalam mengembangkan sektor ekonomi syariah. Sektor ekonomi syariah dapat didukung oleh banyak industri, seperti perbankan syariah, keuangan nonbank, pasar modal, rumah sakit Islam, perhotelan, pariwisata, fashion, dan produk makanan halal.

Data The State of The Global Islamic Economy 2020 menunjukkan, Indonesia memiliki ekosistem ekonomi Islam yang kuat. Hal itu turut menggerakkan ekonomi nasional. Laporan tersebut bahkan menempatkan Indonesia di posisi keempat sebagai negara dengan potensi ekonomi syariah tertinggi.

Selain itu, pengadopsian gaya hidup halal oleh masyarakat Indonesia turut mendorong pertumbuhan industri syariah. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), nilai perdagangan industri halal di Tanah Air pada 2020 mencapai 3 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 43,076 triliun.

Pemerintah Indonesia pun melakukan peningkatan value chain halal dengan melibatkan e-commerce sebagai strategi untuk mengembangkan ekonomi syariah. Untuk mewujudkannya, beberapa perusahaan dari berbagai sektor industri mulai mengembangkan ekosistem syariah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim Indonesia. Salah satunya adalah perusahaan e-commerce asal Indonesia, Blibli.

Pada April 2020, Blibli memperkuat kehadiran produk dan layanan syariah dengan menghadirkan kategori Fashion Muslim, Perhiasan Emas dan Logam Mulia, serta memperluas kurasi Blibli Hasanah untuk produk muslim friendly.

Atas upaya tersebut, Blibli menjadi e-commerce pertama yang memiliki penyelia halal untuk penerapan sistem jaminan halal (SJH) di ekosistem e-commerce. Dengan hadirnya penyelia halal, Blibli dapat memastikan keseluruhan value chain di ekosistem e-commerce miliknya agar mengacu pada standardisasi SJH.

Dengan begitu, produk-produk halal mendapatkan penanganan yang sesuai, mulai dari penyimpanan di warehouse hingga pengiriman oleh kurir. Kehadiran SJH pun memantapkan Blibli dalam menyediakan produk-produk muslim friendly dan halal yang semakin diminati pelanggan.

Blibli sendiri mencatat tren positif atas permintaan produk muslim friendly dan halal. Sejak peluncuran Blibli Hasanah, kelompok produk fashion muslim, makanan dan minuman halal, kesehatan dan kecantikan halal, serta perhiasan emas dan logam mulia mengalami kenaikan pesanan rata-rata sebesar dua kali lipat per kuartal I 2021. (sumber: kompas.com/red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed