by

PT Capital Life Syariah dan BAZNAS Bersinergi Bangkitkan UMKM Melalui Zakat Perusahaan Rp 538.615.263

JAKARTA (iHalal.id) — PT Capital Life Syariah menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI dalam membangkitkan dan mengembangkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggelar acara “Gebyar Kurasi Produk & Coaching Klinik UMKM”, yang dilakukan intensif selama dua hari, Kamis dan Jumat, 18-19 Agustus 2022, di Aula Al Fattah Istiqlal Jakarta, dan diikuti sekitar 100 pelaku UMKM.

Acara ini ditujukan untuk mendorong percepatan perbaikan produk mustahik secara cepat dan tepat, mendukung pemasaran yang lebih luas dan strategis, menghasilkan perbaikan produk yang layak jual sehingga dapat segera dipasarkan, dan memberikan advokasi dan fasilitasi binaan dalam satu pelayanan dalam satu waktu. Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong perkembangan pelaku UMKM agar bisa bangkit dan maju kembali.

Kegiatan positif ini dapat terlaksana berkat zakat perusahaan PT Capital Life Syariah yang disalurkan melalui BAZNAS sebesar Rp 538.615.263.

“Kami dari awal pendirian perusahaan, alhamdulillah diberikan profit sehingga zakat dari profit itu kita salurkan melalui BAZNAS. Dari awal kami menilai BAZNAS itu programnya kekinian, jadi apapun yang kita minta selalu ada. Misal beasiswa untuk tafiz Quran, BAZNAS memiliki programnya. Lalu ada juga pembangunan masjid di daerah Kuningan,” kata Direktur Utama PT Capital Life Syariah, Fitri Hartati, Kamis (18/8).

Fitri melanjutkan, pihaknya juga memiliki alasan kuat mengapa kali ini memilih menyalurkan bantuan di bidang UMKM. Menurutnya, pandemi yang telah melanda sejak 2020 lalu telah memukul banyak sektor, terutama pelaku UMKM yang menggantungkan hidupnya dari penghasilan harian.

“Kenapa kami memilih UMKM ini? Karena dua tahun ini kan kita didera pandemi yang panjang, jadi kami ingin menghidupkan UMKM kembali melalui kebaikan zakat. Alhamdulilah kami sangat senang dapat kembali bekerja sama dengan BAZNAS dalam menebar kebaikan,” ucapnya.

Fitri juga menyebut, PT Capital Life Syariah kerap menjalin sinergi dengan BAZNAS dalam berbagai program positif lantaran BAZNAS telah memiliki catatan baik dan selalu transparan dalam setiap kegiatannya.

“Saya juga senang, BAZNAS ini transparan, jadi saya yakin sekali zakat yang diberikan disalurkan dengan tepat. Contohnya saat pembuatan masjid, kita diberi prosesnya mulai dari peletakan batu pertama hingga selesai, mulai dari progres hingga biaya. Sehingga kami sangat yakin kebaikan kita sampai di tangan yang tepat melalui BAZNAS,” ujar Fitri.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, menyambut baik kerja sama yang terjalin antara BAZNAS dan PT Capital Life Syariah. Menurut Saidah, Capital Life Syariah merupakan salah satu mitra BAZNAS yang memiliki komitmen kuat dalam membantu sesama dan mengentaskan kemiskinan.

“Alhamdulillah hari ini kita bersama PT Capital Life Syariah melakukan pendampingan kepada UMKM. Ini adalah bagian dari komitmen antara BAZNAS dan Capital Life Syariah untuk meningkatkan kapasitas UMKM kita, yang harus diberikan akses, capacity building, pendampingan perizinan, dan akses pasar. Kami ingin mendorong perkembangan UMKM. Kita bersama menumbuhkan simpul pertumbuhan baru di Indonesia. Nah ini komitmen dari Capital Life Syariah dari zakat perusahaan yang disalurkan, bisa menumbuhkan kapasitas UMKM kita,” kata Saidah.

“Terima kasih atas kerja sama dalam membantu sesama. Semoga BAZNAS dan Capital Life Syariah bisa terus berkontribusi dalam berbagai kegiatan positif di kemudian hari,” pungkas Saidah. (Deden H)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.