by

Saméméh Nyiwit Batur, Ciwit heula Awak Sorangan

Oleh: Idat Mustari*

Salah satu pepatah sunda yang mengajarkan agar orang belajar menempatkan dirinya di posisi orang lain yakni “,”Saméméh nyiwit batur, ciwit heula awak sorangan, lamun karasa nyeri batur ogé moal bina ti kitu.”  (Sebelum mencubit orang lain, cubitlah badan sendiri. Jika terasa sakit pasti orang lain pun sakit).

Pepatah ini sangatlah luhung memperhalus rasa setiap manusia.Pepatah ini mudah untuk dikatakan tapi sulit untuk dipraktekan.

Namun andaikan saja setiap orang menerapkan hal ini maka tak mungkin harus ada yang terluka. Pepatah ini hanya bisa diterapkan oleh manusia yang dalam hatinya ada cinta dan ketulusan, tapi sayang seringkali tertutup oleh ego. Kamu harus mengerti keadaanku, tapi ku tak peduli dengan keadaanmu.

Pepatah ini mendidik setiap orang untuk berpikir dengan baik, serta rasa bicara. Berpikir bagaimana kalau aku jadi dia, kamu. Berbicara bagaimana kata, kalimat ini jika diucapkan pada rasa hati orang lain.

Acapkali manusia suka tidak sadar. Dirinya tak mau diperlakukan buruk sama orang lain, tapi merasa biasa-biasa saja ketika memperlakukan buruk kepada orang lain. Rasulullah Bersabda: “Barangsiapa Yang Ingin Dijauhkan Dari Neraka Dan Dimasukkan Ke Surga Dan Kematian Mendatanginya Dalam Kondisi Dia Beriman.

Kepada Allah Ta’ala Dan Hari Akhir, Maka Hendaklah Dia Bersikap Kepada Orang Lain Dengan Sikap Yang Ingin Dia Dapatkan Dari Orang Lain.”(HR. Muslim). Pepatah Barat mengatakatan : “You have to treat others, as you want to be treated by others.” (Kamu harus memperlakukan orang lain, sebagaimana kamu ingin diperlakukan oleh orang lain).

Sekali lagi sebelum bertindak dan berucap ingatlah pepatah orang Sunda ini. Pepatah yg bukan hanya untuk orang Sunda tapi untuk setiap orang terserah dari suku mana ia berasal.Jika  saja setiap orang menerapkan hal ini maka tak mungkin harus ada orang  yang terluka.

*Pengamat Sosial dan Agama, Pengacara, tinggal di Bandung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed