by

Sandwichouse Jakarta Cafe Halal Pertama Binaan YPHI

JAKARTA (iHalal.id) — Cafe dan Kopi seakan tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup kaum milenial. Bahkan Cafe dan Kopi sudah menjadi kebutuhan dan Gaya Hidup yang tidak terpisahkan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini.

Atas dasar itulah, UKM Halal yang berpusat di Tebet Jakarta Selatan membuka gerai Kopi dengan nama Sandwichouse Jakarta, dibawah Chef Halal ternama asal kota New York Andi Takbir.

Meski berbagai macam Sandwich sebagai menu andalannya, namun Cafe ini tetap menyajikan berbagai macam kopi khas tanah air, baik dari jenis Robusta maupun Arabika. Sebagian jenis kopi tadi disajikan dengan kekhasan atau signature-nya masing-masing.

“Ada sebagian kami sajikan signature seperti kopi soda, kopi lemon, dan bahkan dalam menyambut ramadhan nanti, kami akan sajikan signature kopi kurma”, jelas Chef Takbir yg pernah bekerja di Cruise, Hotel Four season Riyadh Arab Saudi dan Fine Dining Restaurant New York AS.

Dalam keseharianya, Chef Takbir dibantu barista berpengalaman Muhamad Iqbal dan Asisten Barista Muhamad Faris Maulana. Dimasa pandemik ini, Sandwichouse Jakarta yang beralamatkan di Jl. Asem Baris Raya No. 88 Jakarta Selatan, buka setiap hari mulai pukul 10.00-21.00 sesuai aturan PSBB, khusus hari Jumat, Cafe buka setelah solat Jumat yakni pukul 14.00-21.00.

Sandwichouse Jakarta merupakan Cafe Halal Pertama binaan YPHI (Yayasan Produk Halal Indonesia) pimpinan Dr. Muhamad Yanis Musdja, M.Sc. Berdasarkan UU No. 33 Th. 2014 Tentang JPH (Jaminan Produk Halal), semua makanan & minuman, cafe & restoran harus memiliki sertifikat halal dari Direktorat BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) Kementerian Agama, bukan lagi dari MUI yang selama ini dikenal masyarakat.

“Untuk UKM, seperti Cafe Sandwichouse Jakarta ini, bisa mengajukan kepada LPH (Lembaga Pemeriksa Halal) seperti YPHI yang saya punya”, jelas Prof. Yanis, panggilan akrab Dosen Fakultas Kedokteran UIN Jakarta, kepada redaksi iHalal.id semalam (8/3) di Jakarta.

YPHI dan Sandwichouse Jakarta sendiri tengah mengembangkan konsep Cafe Halal yang sedang menjadi tren global. Konsep ini merujuk kepada UU no. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal tadi. Konsep Halal, termasuk cafe, sudah menjadi kebutuhan dan menjadi bagian gaya hidup masyarakat modern.

Halal saat ini diyakini good and healthy, artinya bukan saja baik untuk ummat Islam tapi juga untuk semua.

Menurut survey State of the Global Islamic Economy 2014-2015 Report, pengeluaran konsumen muslim untuk sektor makanan dan halal lifestyle (gaya hidup halal), termasuk untuk sektor food & beverages, mencapai 2 Triliun Dollar di tahun 2013 dan diperkirakan akan tumbuh sebesar 9.5 % menjadi 3,7 Triliun Dollar pada 2019.

Hal ini menggambarkan bahwa pasar Halal sangat potensial. Bahkan negara-negara seperti Korea Selatan, Jepang, Australia, menerbitkan buku panduan khusus bagi muslim traveller. (Gaf)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.