by

SMA Alcent Bandung Gelar Edu Fair 2018

BANDUNG (iHalal.id) — SMA Alfa Centauri kembali menyelenggarakan kegiatan Edu Fair. Sebuah ajang bergengsi di Kota Bandung untuk menggali potensi dan mengembangkan kreatifitas pelajar masa kini.

Siswa-siswi SMP se-Bandung & Cimahi, berlomaba dalam SMA Alcent Edu Fair 2018 (24/11). (foto: Dok. Humas SMA Alcent)

Milenia Generation of Science dipilih sebagai tema yang diusung untuk meningkatkan kecintaan para pelajar terhadap ilmu pengetahuan dan bahasa. Peningkatan kompetensi dan jiwa kompetisi dalam membentuk generasi unggul yang memiliki karakter Taqwa, Cerdas, dan Kreatif menjadi tujuan penyelenggaraan kegiatan tahunan ini.

Ada tiga kegiatan yang dilombakan dalam ajang Edu Fair, yaitu:

1. Speeling Bee

Adalah lomba mengeja kata dalam bahasa inggris. Para peserta yang merupakan pelajar tingkat SMP di adu kemampuannya dalam mengeja kata berbahasa Inggris. Mereka melewati babak penyisihan dengan beberapa putaran, dan yang berhasil melewati babak penyisihan dengan skor tertinggi akan masuk ke babak final.

Speeling Bee 2018 ini dimenangkan oleh :
Juara 1 SERENADA CINTA SUMINDYA (SMP Taruna Bakti)
Juara 2 MAULIDITTO ZHAFIF PRAHARA S (SMP Salman Al Farisi)
Juara 3 Muhammad Ariq (SMP Mutiara Bunda

2. Battle of Science

Yaitu Cerdas Cermat dengan materi Matematika dan IPA yang dilombakan kepada para peserta dari sekolah menegah pertama.

Seleksi tahap 1 dilakukan dengan mengerjakan soal tes secara online. Setelah terpilih 6 tim dengan nilai terbaik, mereka disuguhi sejumlah pertanyaan untuk masing-masing regu dan juga pertanyaan rebutan dalam seleksi tahap 2. Masing-masing regu ditandingkan untuk memilih 3 regu dengan nilai tertinggi. 3 tim terbaik inilah yang berhak masuk ke babak Final, dan menguji kemampuannya dalam menjawab pertanyaan dewan juri. Yang menarik dalam babak ini adalah adanya uji praktikum IPA yang menuntut unjuk kerja tiap tim dalam menggunakan alat serta bahan-bahan praktikum yang disediakan.

Pemenang Battle of Science 2018 adalah:
Juara 1 Tim 1 (Putra) SMPIT Baitul Anshor Cimahi
Juara 2 Tim 2 (Putri) SMPIT Baitul Anshor Cimahi
Juara 3 SMP Alfa Centauri Bandung

3. Vlog

Yang ini lomba kekinian. Peserta dari SMP diminta untuk mengirimkan Vlog melakukan percobaan sederhana bertemakan IPA atau IPS, lalu mereka unggah di youtube. Salah satu contoh unggahan yang bisa coba kita lihat ada di https://youtu.be/SR-qGSs9Oic

Ada 2 pemenang untuk kategori ini, yaitu:
Juara 1 SMPN 6 Bandung
Juara 2 SMP YAS Bandung

4. Science Project.

Lomba yang satu ini khusus untuk menggali kreatifitas para siswa SMA Alfa Centauri. Setiap kelas X dan XI diminta untuk membuat karya yang diangkat dari pembelajaran dalam kelas.
Hasilnya sangat menarik dan kreatif. Ada yang menerapkan konsep hidrolik, bermain api dengan hand sanitizer, membuat maket peta timbul, AC Peltier, bahkan ada yang membuat miniatur alat deteksi gempa dan tsunami. (Nina Oktaviana — Kontributor Bandung)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed