by

SURGA Bawah Laut Boalemo

Kabupaten Boalemo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Gorontalo yang berhadapan langsung dengan Teluk Tomini. Teluk Tomini merupakan salah satu teluk terbesar di dunia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa (Equator line), pusat terumbu karang dunia (Coral triangle), mempunyai dinamika oceanografi serta keaneragaman sumberdaya hayati yang tinggi.

Boalemo Syurga di Bawah Laut. (foto: Budi Antoko)

Kabupaten Boalemo juga mempunyai beberapa buah taman laut dengan keaneragaman biota yang sangat besar (Mega biodiversity).
Untuk itu dibutuhkan pengelolaan yang terpadu dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek ekologi/lingkungan, ekonomi, sosial, budaya dan segala aspek lainnya secara proposional di Kawasan Pesisir Teluk Tomini.

Habitat terumbu karang dipandang sebagai salah satu ekosistem laut yang paling produktif yang ditemui di perairan tropis. Pada aspek ekologi, terumbu karang memegang peranan penting dalam meningkatkan komunitas ikan dan pada gilirannya dapat meningkatkan mata pencaharian nelayan setempat.

Hampir semua pulau-pulau di Indonesia dikelilingi terumbu karang, tak terkecuali di Provinsi Gorontalo khususnya Kabupaten Boalemo yang salah satunya terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Keaneragaman terumbu karang di Kabupaten Boalemo tidak hanya ditemui di Kecamatan Dulupi, Bangga, Limbatihu tapi juga di pulau Bitila.
Terumbu karang di Bitila dan sekitarnya merupakan zona wisata menarik untuk dieksplorasi para penyelam.

Kelompok karang keras di Bitila dan sekitarnya bervariasi tergantung dari kekhususan habitatnya. Setidaknya ada 40 genera, yang didominasi oleh Acropora yang bisa ditemukan di perairanini. Karang bisa ditemui dari kedalaman 2 meter sampai 35 meter, namun kebanyakan kedalaman sampai 20 meter.

Hasil dari pemantauan terhadap terumbu karang ini menunjukkan kondisi karang yang stabil dari tahun ke tahun dan tidak mengalami dampak signifikan dari aktivitas nelayan pencari ikan. Ada beberapa nelayan yang salah dalam mencari ikan yaitu dengan pengangkapan ikan ilegal masih berlangsung namun sudah sangat jarang karena ada pengawasan di laut oleh patroli Polairut dan Pengawasan dari Dinas Kelautan dan Perikanan. Dimasa yang akan datang dengan mengaplikasikan program manajemen yang tepat, daerah ini bisa dikembangkan sebagai obyek wisata dan tujuan penelitian terumbu karang.

lokasi penyelaman terbaik di daerah ini adalah ditempat yang miring karena banyak organisme laut unik dan menarik yang dapat ditemukan. Gugusan karang yang terhampar di kedalaman 5 – 15 meter di lokasi ini memiliki banyak organisme yang menakjubkan. Ketika menyelam di lokasi ini, sangat dimungkinkan untuk menemukan berbagai macam nudibranch, ghost pipefish, leaffish dan beragam jenis udang kecil. Jarak pandang di lokasi ini rendah, karena banyaknya partikel dan nutrient yang tersebar di air.

Arus air relatif tenang. Penyelam dianjurkan untuk menyelam pada saat air sedang pasang dan menjaga bouyancy atautidak terlalu sering menggerakan fins agar pasir di dasar perairan tidak terbongkar karena dapat mempengaruhi jarak pandang. Penyelaman dilokasi ini dapat dilakukan secara langsung masuk dari pantai maupun dengan menggunakan speedboat.

Di Limbatihu memiliki panorama bawah air yang indah dengan berbagai jenis karang batu dan karang lunak yang beraneka warna. Persentase tutupan karang ditempat ini sekitar 80-90 % yang sebagian besar merupakan karang berbentuk meja besar. Di lokasi ini banyak ditemukan ikan karang dan ikan-ikan pelagis. Pda bulan-bulan tertentu, ikan lumba-lumba dapat dijumpai berenang di daerah ini.

Kondisi arus di perairan ini relatif tenang. Namun begitu, arus biasanya akan berubah kuat jika terjadi pergantian pasang surut. Kondisi ini bisa mempengaruhi jarak pandang penyelaman. Limbatihu bisa diselami para penyelam mulai dari kategori open water dan penyelamannya dilakukan dengan menggunakan perahu. Waktu terbaik untuk menyelam adalah pada saat musim barat yang terjadi pada bulan Desember sampai mei, karena pada bulan-bulan tersebut, air relatif tenang sepanjang hari. Pada saat musim angin selatan, ombak di perairan ini masih memungkinkan kegiatan menyelam.

Kabupaten Boalemo memiliki potensi pariwisata bahari yang cukup besar, indah, dan menakubkan. Potensi itu, antara lain berupa ekosistem terumbu karang yang indah, surganya para penyelam, snorkeling, dan glass bottom boat. Pantai berpasir putih dan keindahan panorama yang mempesona.
oleh sebab itu, melalui kerjasama Pemerintah dan masyarakat daerah secara sinergis dan produktif, pariwisata bahari bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang turut membantu terwujudnya Kabupaten Boalemo yang maju sejahtera.

Kawasan Ekowisata Boalemo

Selain terkenal akan keunikan taman bawah laut nya yang indah, bumi Boalemo masih menyimpan beberapa destinasi wisata yang tak kalah menawan. Demografi Boalemo yang terletak persis di pesisir Teluk Tomini membuat kabupaten ini sangat kaya akan panorama pantai pasir putih dan ulau-pulau eksotis.

Pulau Pasir Putih

Terletak diantara pulau Mohupomba dan pulau Monduli. Bisa ditempuh30 menit menggunakan speedboat dari ibukota kabupaten. Keunikan pulau ini akan terlihat jika air laut surut. Sesuai dengan namanya, sejauh mata memandang hanya terlihat pasir seputih kristal salju. Lingkungan alamnya masih asli sehingga pulau ini menjadi tempat favorit persinggahan burung-burung liar untuk mencari makan. Pulau ini juga memiliki spot memancing terbaik bagi para penggemar olahraga memancing.

Pantai Bolihutuo

Pantai wisata Bolihutuo ini masih terus dikembangkan. Saat ini pemerintah berencana membangun fasilitas pendukung, diantaranya hotel, resort, resto, water park dan aneka pendukung wisata lainnya. Pemerintah Kabupaten oalemo telah sepakat dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk membangun pantai ini menjadi tujuan wisata bergengsi yang mengharumkan nama kota.

Pantai yang indah ini sangat cocok untuk liburan akhir pekan, berbagai aktifitas menyenangkan dapat dilakukan wisatawan di pantai ini. Membangun istana pasir, bermain voli pantai atau sekedar bersantai bersama keluarga. Menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) sungguh menawan. Panorama langit memikat hari para penikmat keindahaan alam.

Pulau Monduli

Terletak persis dihadapan pantai Bolihutuo, mudah dijangkau, kira-kira 30 menit perjalanan darat dari ibukota kabupaten ke pantai Bolihutuo, dilanjutkan menyeberang setengah jam lagi dengan kapal motor menuju Pulau Monduli. Pulau ini terkenal dengan hutan bakaunya yang unik. Dibawahnya tersimpan surga taman bawah laut yang menakjubkan. Menjadikannya sebagai destinasi wisata favorit bagi para pecinta diving, penikmat keindahan alam bawah laut.

Obyek Wisata Pulau Lambatihu

Pulau cantik ini terletak di Kecamatan Paguyaman Pantai, di sebuah desa bernama desa Lambatihu. Jarak tempuh dari ibukota Kabupaten Boalemo menuju kecamatan ini hanya memakan waktu 30 menit saja dengan angkutan darat. Dilanjutkan 30 menit lagi dengan perahu motor menuju Pulau Lambatihu. Pulau ini sangat indah dengan daya tarik pantai pasir putih seperti kristal dibawah sinar terik mentari. Gradasi air lautnya pun berwarna hijau, karena habitat bawh lautya masih asli, sangat terjaga kelestaiannya. Surga bagi para penggemar diving. Pulau mungilnan menawan ini memang masih sepi. Begitu tenang sehingga cocok sebagai tujuan wisata, atau sekedar beristirahat melepas kepenatan.

Pulau Mohupomba dan Pulau Asiangi

Kultur wilayah Kabupaten Boalemo yang terletak di pesisir Teluk Tomini membuatnya kaya akan pulau-pulau mungil nan indah berpantai pasir putih. Selain Pulau Lambatihu, Boalemo juga memiliki Pulau Mohupomba dan Pulau Asiangi. Kedua pulau ini bisa ditempuh dengan pertahu motor kira-kira 30 menit saja dari ibukota kabupaten. Panorama pantai pasir putih yang menawan berpadu wisata bawah laut dengan keindahan ekosistem terumbu karang yang masih terjaga menjadi andalan komoditas wisata disini, para wisatawan pecinta olahraga air, khususnya menyelam umumnya betah berlama-lama di pulau ini.

Sebagai tempat penyelaman, perairan teluk Tomini di wilayah Kabupaten Boalemo adalah sebuah destinasi baru. Wilayah ini jarang dikunjungi penyelam, karena ketidak tahuan para pecinta diving akan keberadaan terumbu karang di perairan tersebut yang menyimpan sejuta pesona. Perairan Boalemo idak kalah indah dan menarik dibandingkan spot penyelaman yang sudah banyak diketahui orang di wilayah timur Indonesia.

Diantara puluhan titik penyelaman yang ada, ekosistem terumbu karang Boalemo yang lestari menyimpan ratusan jenis biota laut nan eksotis, menunggu untuk ditemukan para penyelam. Selain itu, perairan ini dihuni oleh aneka ragam ikan langka yang jarang ditemukan ditempat lain, diantaranya Ornate ghost pipefish, Leaf scorpionfish, Napoleon dan masih banyak lagi jenisnya. (Budhi Antoko).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.