by

Tips Dokter Ustadz Zaidul Akbar Agar Pasien Covid-19 Cepat Sembuh

JAKARTA (iHalal.id) — Dokter yang juga Da’i Ustadz Zaidul Akbar memberikan tips untuk pasien Covid-19 agar bisa cepat sembuh, selain memperbanyak buah dan sayur, makanan kaya rempah seperti Nasi Padang tanpa santan juga salah satu yang dianjurkannya.Pisang, salah satu buah-buahan yang baik dikonsumsi pasien Covid-19. (Foto: Dok. Google)

Jadi, sangat penting bagi mereka mencari makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan, salah satunya makanan kaya rempah seperti Nasi Padang. Namun tentu saja, ia sangat mengimbau untuk menghindari asupan santan.

“Seperti Nasi Padang, tapi saya sarankan jangan santan. Coba dibikin sup yang banyak rempahnya, cengkehnya, kayu manis atau yang lain. Itu bisa dimasukkan dalam sup kemudian kuahnya diminum itu salah satu caranya,” jelasnya di kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Rabu (14/7/2021), yang juga disiarkan suara.com (15/07).

Dokter Zaidul Akbar mengingatkan, hal pertama yang harus dilakukan saat seseorang terkonfirmasi Covid-19 adalah tidak panik.

Berusaha untuk tidak panik sangat penting, karena rasa cemas atau panik bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik yang ada dalam pencernaan dan tubuh seseorang.

“Keseimbangan bakteri dalam tubuh kita, itu bisa tidak seimbang lagi kalau orang itu cemas atau stres. Jadi jangan stres, atau bahasa gaul itu let it flow, santai aja, tenang aja,” ujarnya.

Untuk mendapatkan ketenangan tersebut, Dokter Zaidul Akbar sangat menyarankan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan kalsium seperti kurma, pisang, dan air kelapa.

Dokter yang terkenal dengan konsep Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu, juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan lunak yang ampuh menjaga kesehatan lambung.

“Bisa dengan campuran alpukat, pisang, kurma, atau mungkin bisa dicoba labu dibuang kulitnya dikukus lalu diblender sama kurma itu juga sangat baik untuk menguatkan nutrisi lambung,” tutur Dokter Zaidul.

Meredakan Pusing Untuk Pasien Covid-19

Pusing atau sakit kepala jadi keluhan umum yang dialami pasien Covid-19. Menanggapi ini, Dokter Zaidul mengatakan pada umumnya pusing disebabkan karena kekurangan asupan air atau kekurangan gula.

“Cuma kadang banyak orang yang lagi sakit seperti ini, tidak bisa minum air banyak, maka saran saya adalah coba sering minum air madu yang dikasih garam sedikit,” ungkap Dokter Zaidul.

Resep air, madu dan garam ini sebaiknya rutin diminum 150 hingga 200 milimeter untuk satu takaran, yang diminum 6 kali sehari.

“Itu juga sudah cukup, sehingga pusingnya bisa hilang,” pungkas Dokter Zaidul. (red.)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed