by

Ummat Islam Harus Menjadi Suri Tauladan Koperasi

BOGOR (iHalal.id) — Ummat Islam harus menjadi pelopor bagi berkembangnya Koperasi. Pasalnya perintah bersilaturahmi (baca: berkooperasi–red) dalam muamalah merupakan tuntunan dalam Al-Qur’an.

K.H Dr. Najamudin, M.Pd.I., memuji sepatu produksi anggota UMKM USB (Usaha Sinergi Bangsa), seusai memberikan Tausyah pada acara Halal Bihalal dengan Protokol Kesehatan Khusus Pengurus UMKM dan Koperasi Serba Usaha USB Se-Jabodetabek, hari ini (19/06) di Ciburial Cinangneng Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto: Dok. iHalal.id).

Hal itu disampaikan Direktur LPH-YPHI (Lembaga Pemeriksa Halal – Yayasan Produk Halal Indonesia) Wilayah BJB (Banten dan Jawa Barat) K.H Dr. Najamudin, M.Pd.I., pada acara Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh UMKM USB (Usaha Sinergi Bangsa) dan Koperasi Serba Usaha Se-Jabodetabek, hari ini (19/06) di Ciburial, Cinangneng Kabupaten Bogor.

Kang Naja, begitu beliau disapa, menjelaskan, dalam kitab suci Al-Qur’an, antara lain di Surat An-Nisa ayat (1), Allah Swt. memerintahkan agar Ummat Islam senantiasa bertaqwa dan bersilaturahmi (berkooperasi–red), agar mendapat rahmat dariNya.

“jadi Ummat Islam hendaknya menjadi suri tauladan bagi pelaku usaha UMKM
(Usaha Mikro Kecil dan Menengah–red.) lainnya, karena sudah Allah perintahkan dalam Al-Qur’an”, jelas Ketua Umum Koperasi Abi Ummi Berkah itu dihadapan para peserta Halal Bihalal dengan prokes itu.

Selain itu, K.H Dr. Najamudin, M.Pd.I. juga mengingatkan agar Koperasi yang sudah naik omzetnya, senantiasa membantu UMKM yang di bawahnya. Jika persatuan itu dilakukan, Insyaallah Perhimpunan Koperasi USB akan tumbuh pesat yang pada gilirannya akan mampu bersaing ditengah gempuran ritel raksasa yang ada, tambah Direktur RS Ummi Bogor itu.

Sementara itu Ketua Umum UMKM USB Muhamad Rusmono, SE, M.Ak. menambahkan perlunya sinergi antar pengusaha pusat dan daerah. Selain itu, Rusmono berharap Pemerintah pusat maupun daerah membina sekaligus membuka akses pasar luar. Jika itu dilakukan, UMKM tanah air akan mampu berkiprah di dunia Internasional.

Dalam kegiatan Halal Bihalal juga diadakan Pameran produksi Anggota UMKM dan Koperasi Serba Usaha USB. Berbagai Produk Minuman dan Makanan yang berkhasiat bagi kesehatan masyarakat. Selain itu, barang-barang Produk sehari-hari seperti sepatu juga turut dipamerkan. (Gaf)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed