by

Utusan Walikota New York Bertemu dengan Tokoh-tokoh Utama Muslim

NEW YORK (iHalal.id) — Pada Kamis (3/03), perwakilan Umat Islam New York, kedatangan tamu penting dari unsur pemerintahan kota New York, yang dipimpin langsung oleh Kepala kantor Walikota New York untuk urusan Komunitas (Commissioner on Community Affairs), Fred Keizman.

Menurut Presiden Nusantara Foundation (Yayasan yang menaungi Pesantren Nur Inka Madani AS) Imam Shamsi Ali, Kedatangan itu memang menjadi tradisi dilakukan bagi pejabat baru kepada beberapa Tokoh Komunitas agama di Kota New York, seperti disampaikan Imam asal Kota Kajang, Sulawesi, kepada redaksi iHalal.id melalui pesan WA semalam (7/03).

Suasana ramah tamah para tokoh Komunitas Muslim dengan Utusan Walikota New York @New York, AS, 3 Maret 2022. (Foto: Dok. Imam Shamsi Ali).

Ustadz Shamsi menuturkan, selain tentunya untuk mengenalkan diri, kedatangan mereka juga untuk meminta masukan bagi Kota New York guna menjalankan tugas ke depan.

Oleh karenanya, selain Kepala Bidang urusan Komunitas juga hadir Penasehat Senior (Senior Advisor) kantor Walikota dan penghubung (Liaison) antar kantor Walikota dan Komunitas Muslim.

Dalam pertemuan yang dihadiri tokoh-tokoh kunci Komunitas Muslim tersebut, Shamsi Ali menyampaikan beberapa hal:

Satu, bahwa relasi antara kantor Walikota dan Komunitas Muslim Sudah merupakan darah daging kota ini. Kota New York adalah kota jembatan (bridges). Dan Karenanya kita tidak membangun dinding. Tapi jembatan untuk menjembatani Komunitas New York yang sangat beragam.

Dua, eksistensi Komunitas Muslim di kota New York tidak sekedar pada posisi mengambil. Justeru harus berada pada posisi memberi. Karena dalam tradisi Islam, tangan di atas itu lebih baik dari tangan di bawah.

Tiga, kedekatan hubungan bukan berarti setuju dalam segala hal. Tapi bagaimana mengelolah perbedaan untuk menjadi kekuatan dalam membangun New York yang lebih baik. Untuk itu masyarakat Muslim ke depan akan mengawal pemerintahan Waikota Erick Adam. Jika benar akan didukung. Jika ada yang tidak benar akan dikiritisi. Dan itu esensi dasar dari demokrasi kita.

Empat, Walikota Erick Adam telah berjanji untuk mengusun tim yang mewakili wajah New York. Yaitu kota yang menjadi simbol dunia. Karenanya pemerintah harus terbuka untuk semua dan melayani semua dengan semangat “justice for all”.

Lima, secara khusus kami meminta agar janji Walikota untuk memasukkan makanan halal ke public school dilanjutkan. Demikian pula kiranya pemerintah memberikan kelonggaran kepada Komunitas Muslim untuk azan dengan pembesar di luar gedung mesjid. Dan ternyata hal ini Sudah direncanakan oleh Walikota New York sejak jadi Presiden Borough Brooklyn.

Shamsi Ali yang juga menjabat sebagai Direktur JMC (Jamaica Muslim Center) New York, mengaku secara pribadi sangat kenal dengan Fred Keizman sejak Michel Bloomberg Walikota New York. Saat itu Fred Keizman menjabat sebagai Liaison kantor Walikota dan Komunitas Immigran.

Demikian catatan dari pertemuan Kepala kantor Walikota New York untuk urusan Komunitas (Community Affairs) dengan Komunitas Muslim di kota New York. Semoga semakin baik, sukses dan berkah selalu. Amin! (Imam Shamsi Ali–New York).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed