by

Vannessa Anggel


Oleh : Idat Mustari*

Hari ini berita diramaikan oleh peristiwa kecelakaan yang yang terjadi di jalan Tol Jombang KM 673 arah Surabaya yang menewaskan artis Vanessa Angel, dan suaminya Bibi Adriansyah.

Vanesasa bukan artis sekelas Cristine Hakim yang berkali-kali meraih piala citra, melainkan artis cantik yang pernah tersandung kasus hukum . Namun hampir semua nitizen mengungkapkan rasa bela sungkawa serta doa baginya, termasuk mendoakan anak semata wayangnya yang selamat dari kecelakaan maut itu agar kelak menjadi anak yang soleh.

Kematian manusia merupakan salah satu rahasia Allah SWT. Tidak ada yang tahu kapan ajal menjemput. Hanya Allah SWT yang mengetahui kapan waktu terakhir kehidupan seseorang. Karena, kematian atau maut ini menjadi rahasia Allah.


Pada hakikatnya, kematian pasti akan tiba pada setiap orang dan siapapun tidak bisa tahu kapan waktu itu akan datang dan ajal akan menjemputnya,sebagaimana termaktub dalam Al- Quran : “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.”(QS. Ali Imran: 185).

Waktu kematian seseorang itu rahasia, tetapi menjadi tidak rahasia lagi setelah seseorang itu mati. Seperti di unggahan Insta Story beberapa jam terakhir sebelum Vannesa Angel mengalami kecelakaan, sempat mengunggah video saat melakukan perjalanan melewati jalanan tol.Dalam unggahannya itu ia sempat memberikan tebak-tebakan ke para pengikut Instagramnya.”Ada yang bisa tebak aku mau kemana?” tulisnya. Sekarang kita bisa menjawabnya, “Ya, aku tahu kamu mau kemana, yakni kamu mau pulang bersama suamimu ke kampung keabadian.”

Allahummaghfirlahum Warhamhum Wa’afihi Wa’fu ‘anhum..


Selamat jalan Vanessa, engkau telah memberi pelajaran kepada siapa saja bahwa kematian sangat dekat bagi siapapun. Sekaligus pelajaran agar berhati-hati dalam perjalanan dan diawali dengan Bismilah.

*Pemerhati sosial dan Agama, advokat tinggal di Bandung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed