by

Wapres Ingin Sertifikasi Halal One Stop Service

JAKARTA (iHalal.id) — Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut potensi produk halal Indonesia sangatlah besar. Secara khusus adalah untuk produk-produk makanan dan minuman halal hasil produksi dalam negeri. Lebih lanjut, Wapres menjelaskan, bahwa komitmen kuat dari pemerintah untuk mendorong industri produk halal diwujudkan melalui beberapa kebijakan.

Tutorial Download Super Apps iHalal.

Seperti misalnya dengan pembentukan kawasan industri halal dengan sistem one stop service untuk proses sertifikasi halal . “Nantinya kita ingin layanan menyangkut sertifikasi halal supaya one stop service,” ujarnya dalam keteranganya, Jumat (19/3/2021).

Wapres menjelaskan, semua kegiatan yang menyangkut sertifikasi halal akan dilakukan di Kawasan Industri Halal. Ada Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) akan ditempatkan dalam satu kawasan. “Jadi semua urusan diselesaikan di tempat. Itu yang sedang kita upayakan. Itu sudah menjadi komitmen Kemenko Perekonomian dan juga Kementerian Perindustrian,” kata Wapres.

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman menndukung upaya pemerintah untuk mendorong produk halal dalam negeri agar bisa go internasional. Mengingat, potensi dari produk halal khususnya makanan dan minuman sangat besar. “Kontribusi kita (industri makanan minuman) terhadap ekspor tinggi. Tahun lalu, ekspor kita mencapai USD31 juta. Perkiraan kasar, kalau 80 persennya saja halal, maka nilai kita USD24 juta lebih,” jelasnya.

Dalam rangka mendukung harapan Wapres agar Pelayanan Sertifikasi Halal One Stop Service tadi, Global Entrepreuner Profesional atau yang lebih dikenal dengan sebutan GENPRO menyambut baik hadirnya Super Apps iHalal. Seperti diberitakan iHalal.id edisi 31 Desember 2021, GENPRO menilai kehadiran Super Apps iHalal, bisa mendukung program Sertifikasi Halal pemerintah tadi, terutama bagi kalangan Pelaku Usaha Mikro Kecil. Pengurusan Pembuatan Sertifikat Halal jadi begitu mudah, semua dalam genggaman, mulai daftar, lacak status pembuatan, biaya terbitnya Sertifikat Halal ada dalam Super Apps iHalal tadi.

Sebagai komunitas pengusaha profesional yang memiliki tujuan sama dalam membangun peradaban dunia, GENPRO yakin layanan Aplikasi yang dibangun PT. Hexa Indonesia Teknologi akan membantu memudahkan pembuatan Sertifikat Halal, terutama bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

“kami (GENPRO) yang memiliki anggota disemua Provinsi tanah air akan menggunakan Aplikasi iHalal untuk Pengajuan Sertifikasi Halal versi BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal)”, jelas Presiden GENPRO Iwan Kurniawan yang akrab disapa ‘Abah’ disela kunjungannya di Kantor iHalal Jakarta, Jum’at 27 Jumadil Awal 1443 H/31 Desember 2021.

Selain itu, GENPRO juga akan mengajak pemerintahan di daerah-daerah untuk mendukung program Sertifikat Halal, baik melalui Fasilitasi (baca: subsidi) maupun reguler (baca: mandiri). (sumber SINDO News & iHalal)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.