Yayasan YTSB Membentuk Sinergi Ekosistem Panti Asuhan dengan Stakeholder

BANDUNG (iHalal.id) — YTSB atau Yayasan Teman Saling Berbagi lahir untuk menjawab tantangan Kaum Milenial atas lingkungan sekitar, tertuma tentang hidup dan kehidupan. Yayasan nir laba ini lahir dan diirintis dari sebuah komunitas bernama Teman Berbagi pada tahun 2018 oleh Farhanah Fitria Mustari, seorang perempuan muda asal Kota Bandung yang memiliki ambisi untuk mengubah stigma negatif anak dan remaja Panti Asuhan di mata masyarakat umum.

Salah satu kegiatan Yayasan Teman Saling Berbagi (YTSB). (Foto: Dok Yayasan).

Seiring perjalanannya, pada tahun 2020 Komunitas Teman Berbagi diberi kesempatan untuk berkembang menjadi organisasi berbadan hukum bernama Yayasan Teman Saling Berbagi (YTSB).

Sebagai lembaga nir laba, NGO (Non Governmental Organization) ini menjadi penggerak kegiatan pembentukan karakter lewat program unggulan, antara lain “Berbagi Kebaikan”, yaitu berupa program pelatihan keterampilan hidup (life skill) di Panti Asuhan.

Yayasan YTSB sendiri memiliki visi & misi menciptakan program berbasis kurikulum yang sistemik bagi anak dan remaja di berbagai Panti Asuhan, yang diharapkan nantinya menjadi akan mampu penyokong terciptanya generasi unggul bagi Indonesia di masa mendatang.

Lebih lanjut, Putri semata wayang Advokat kondang Kota Bandung H.Idat Mustari, SH. ini menjelaskan alasan pelaksanaan program unggulan Berbagi Kebaikan sebagai berikut;

“bagi aku, mendorong akselerasi di Panti Asuhan bukan hanya dilihat dari sisi finansial, namun perlu dipikirkan pola pikir serta mentalitas yang terbentuk di dalamnya. Kami percaya pendidikan adalah kunci dari semua masalah sosial yang terjadi. Sehingga, upaya kami sejak 2018 adalah memberikan komitmen pengasuhan & pelatihan berdasarkan pembelajaran sosial-emosional. Dengan harapan, agar mereka bisa hidup bermasyarakat dengan baik”, ungkap lulusan S-1 & S2 SMB ITB ini kepada iHalal.id melalui pesan WA hari ini Kamis 22 Rabiul Akhir 1444 H. (17/11).

Sejak awal berdiri, YTSB rutin melaksanakan aktivitas program unggulan di Panti Asuhan dengan melakukan pelatihan pengembangan diri dan mentoring. Konsistensi YTSB dalam memberikan pelatihan serta  pembekalan keterampilan bertujuan agar anak dan remaja di Panti Asuhan dapat menunjukkan versi terbaik dari diri mereka.

Hingga saat ini YTSB telah berkolaborasi dengan lebih dari sepuluh Panti Asuhan di Kota Bandung. Melihat dampaknya secara langsung membuat YTSB semakin berusaha sebaik mungkin membentuk tim mentor sebagai sukarelawan program unggulan.

Upaya membentuk lingkungan kehidupan Panti Asuhan yang bersinergi dan ekosistem pendidikan yang berkualitas bagi YTSB bukan hanya tanggung jawab perorangan. Melainkan komitmen bersama dari segala sektor, seperti masyarakat, pemerintah, maupun akademisi. (Gaf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *